Scroll untuk baca Berita
Hardware

Sejarah dan Penemu Komputer: Dari Generasi Pertama hingga Era Kuantum

46
×

Sejarah dan Penemu Komputer: Dari Generasi Pertama hingga Era Kuantum

Share this article
Sejarah dan Penemu Komputer Dari Generasi Pertama hingga Era Kuantum, unsplash.com/@flashcomindonesia

Pamulang.net, Secara umum, generasi komputer merujuk pada perkembangan dan evolusi teknologi komputer dari masa ke masa.

Berikut adalah ringkasan singkat tentang setiap generasi:

  1. Generasi Pertama: (1940-an hingga pertengahan 1950-an) – Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum untuk pemrosesan data. Mereka besar, mahal, dan cenderung tidak stabil.
  2. Generasi Kedua: (Akhir 1950-an hingga pertengahan 1960-an) – Komputer generasi kedua menggunakan transistor sebagai pengganti tabung vakum. Ini membuat komputer lebih kecil, lebih cepat, dan lebih handal.
  3. Generasi Ketiga: (Akhir 1960-an hingga awal 1970-an) – Komputer generasi ketiga menggunakan sirkuit terpadu (IC) yang memungkinkan peningkatan kapasitas dan kecepatan.
  4. Generasi Keempat: (Awal 1970-an hingga pertengahan 1980-an) – Komputer generasi keempat ditandai dengan munculnya mikroprosesor, yang memungkinkan pembuatan komputer pribadi (PC).
  5. Generasi Kelima: (Awal 1980-an hingga sekarang) – Generasi saat ini meliputi komputer paralel, komputer kuantum, dan komputer berbasis kecerdasan buatan. Ini adalah era konektivitas tinggi dan komputasi yang sangat canggih.

Ada alat pasti ada penemunya, selain perkembangan komputer identifikasi bapak penemu komputer adalah subjek diskusi yang sering kali mendapat beberapa pendapat berbeda.