Scroll untuk baca Berita
Data AnalysisPortofolio

Kelola Data Besar dengan Database COBOL: Meningkatkan Efisiensi Bisnis

60
×

Kelola Data Besar dengan Database COBOL: Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Share this article
Kelola Data Besar dengan Database COBOL Meningkatkan Efisiensi Bisnis, Foto: wikipedia

“Kehandalannya dalam memproses transaksi bisnis dan menjaga keamanan data membuatnya tetap relevan”

Pamulang.net, Dalam dunia teknologi informasi, peran database sangatlah vital dalam mendukung operasi bisnis. Salah satu jenis database yang masih digunakan secara luas, terutama dalam sistem legacy, adalah database COBOL.

Kita akan membahas tentang database COBOL, mulai dari pengertian dasar hingga manfaatnya dalam meningkatkan efisiensi bisnis.

COBOL (Common Business Oriented Language) adalah bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk aplikasi bisnis pada tahun 1959. Database COBOL, atau lebih dikenal sebagai COBOL DBMS (Database Management System), merupakan sistem manajemen basis data yang digunakan untuk mengelola data dalam program-program yang ditulis dalam bahasa COBOL.

Database COBOL umumnya berfokus pada transaksi bisnis yang memiliki kebutuhan untuk mengelola volume data yang besar dan menjaga konsistensi dan integritas data secara ketat.

Karakteristik Database COBOL

1. Hierarchical Structure: Database COBOL cenderung mengadopsi struktur data hirarkis, di mana data disusun dalam bentuk pohon atau struktur bertingkat.

2. Indexed Files: Data dalam database COBOL seringkali diakses menggunakan indeks, yang memungkinkan pencarian data yang efisien.

3. Kemampuan Transaksi: Database COBOL dioptimalkan untuk mendukung transaksi bisnis yang berulang-ulang dan memerlukan pemrosesan yang cepat dan andal.