Scroll untuk baca Berita
Management Information SystemsPortofolio

#01 Panduan Membangun Sistem Komputerisasi Rumah Sakit

37
×

#01 Panduan Membangun Sistem Komputerisasi Rumah Sakit

Share this article
01 Panduan Membangun Sistem Komputerisasi Rumah Sakit, Foto:unsplash.com/@blogcious

Pamulang.net, Membangun sistem komputerisasi rumah sakit adalah langkah strategis untuk meningkatkan efisiensi, kualitas pelayanan, dan manajemen data kesehatan.

Artikel ini dapat di gunakan untuk menambah wacana maupun opsi masukan bagi anda mahasiswa, programmer maupun manajemen yang akan membangun sistem komputerisasi Rumah Sakit atau klinik.

Berikut adalah langkah-langkah utama dalam membangun sistem ini:

1. Analisis Kebutuhan

Langkah pertama adalah memahami kebutuhan rumah sakit secara mendalam. Hal ini melibatkan identifikasi proses operasional yang ada, seperti pendaftaran pasien, manajemen rekam medis, manajemen ruang perawatan, penjadwalan dokter, dan pengelolaan inventaris obat .

  • Diskusi dengan Tim Medis dan Administrasi: Melibatkan berbagai pihak untuk mendapatkan gambaran lengkap kebutuhan dan tantangan yang ada.
  • Evaluasi Sistem yang Ada: Menilai kekuatan dan kelemahan dari sistem manual atau semi-manual yang sudah ada.

2. Merancang Arsitektur Sistem

Langkah kedua adalah merancang arsitektur sistem yang akan dikembangkan. Arsitektur ini mencakup berbagai komponen sistem dan bagaimana mereka akan berinteraksi.

  • Pembuatan Rencana Sistem: Menyusun diagram alur kerja dan komponen utama, seperti database pasien, modul penjadwalan, sistem billing, dan lainnya.
  • Penentuan Infrastruktur IT: Memilih perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan, termasuk server, jaringan, dan perangkat komputer.

3. Pemilihan Vendor atau Pengembangan Sistem Aplikasi In-house