Scroll untuk baca Berita
SecurityTips dan trik

13 Cara Perlindungan dari Ancaman Ransomware: Apa itu, Cara Kerja dan Jenis Serangannya

38
×

13 Cara Perlindungan dari Ancaman Ransomware: Apa itu, Cara Kerja dan Jenis Serangannya

Share this article

Pamulang.net, Ransomware adalah jenis malware yang mengancam untuk menghancurkan atau memblokir akses ke data penting hingga tebusan dibayar. Dulu, ransomware lebih sering menargetkan individu, namun sekarang, serangan yang menargetkan organisasi semakin marak dan sulit diatasi.

Dalam serangan ini, penyerang menggunakan intelijen untuk mendapatkan akses ke jaringan perusahaan dan menetapkan harga tebusan berdasarkan data keuangan internal yang mereka curi.

Cara Kerja Ransomware

Ransomware bekerja dengan mengambil alih kendali atas data atau perangkat, kemudian menuntut uang tebusan.

Dulu, serangan rekayasa sosial adalah yang paling umum, tetapi kini serangan ransomware kiriman manusia menjadi lebih populer karena potensi tebusan yang besar.

Jenis-Jenis Serangan Ransomware

Ransomware Rekayasa Sosial: Penyerang menyamar sebagai perusahaan atau situs web resmi untuk menipu korban agar mengeklik tautan atau membuka lampiran email yang menginstal ransomware di perangkat mereka.

Misalnya, email yang menyamar sebagai bank terkenal dapat memperingatkan bahwa akun Anda dibekukan dan meminta Anda mengeklik tautan untuk memperbaikinya, yang akhirnya menginstal ransomware.

Ransomware Kiriman Manusia: Serangan ini dimulai dengan pencurian kredensial akun. Penyerang menggunakan akun curian untuk mendapatkan akses ke data penting dan menginstal ransomware, biasanya dengan mengenkripsi file sensitif.

Mereka kemudian meminta tebusan dalam mata uang kripto karena anonimitasnya. Organisasi besar sering menjadi target karena kemampuan mereka membayar tebusan yang tinggi.