Scroll untuk baca Berita
Infrastructure

5 Komponen Utama Yang Membentuk Data Center atau Pusat Data Jangan Dilupakan !

5
×

5 Komponen Utama Yang Membentuk Data Center atau Pusat Data Jangan Dilupakan !

Share this article
5 Komponen Utama Yang Membentuk Data Center atau Pusat Data, foto: unsplash.com/@lightsabercollection

Pamulang.net, Baru-baru ini, Pusat Data Nasional (PDN) milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengalami serangan siber ransomware yang mengganggu layanan publik di berbagai instansi hingga menyebabkan hilangnya beberaapa data PDN.

Banyak berita dan Sosial media yang membahas kasus tersebut dan banyak timbul pertanyaan kok bisa ?.

Kunjungi berita 13 Cara Perlindungan dari Ancaman Ransomware: Apa itu, Cara Kerja dan Jenis Serangannya yang bahas tentang Ransomware, Yuk kita bahas tentang Pusat Data atau lebih keren di sebut Data Center.

Data center merupakan inti dari infrastruktur teknologi informasi modern. Mereka tidak hanya menjadi pusat penyimpanan data, tetapi juga menjamin ketersediaan dan keamanan informasi yang vital bagi perusahaan dan organisasi.

Komponen utama yang membentuk sebuah data center, serta betapa pentingnya masing-masing komponen tersebut dalam mendukung operasional yang lancar dan keamanan yang terjamin adalah sebagai berikut :

1. Infrastruktur Data Center
Infrastruktur fisik data center meliputi semua perangkat keras yang diperlukan untuk menyimpan dan mengelola data secara efisien. Komponen utamanya meliputi:

  • Server: Sebagai tulang punggung dari data center, server adalah komponen utama yang menyimpan dan memproses data. Mereka dapat berupa server fisik atau virtual, tergantung pada skala dan kebutuhan data center.
  • Peralatan Jaringan: Termasuk switch, router, dan firewall yang mengatur aliran data di dalam dan di antara data center. Infrastruktur jaringan yang baik adalah kunci untuk menjaga kecepatan dan keandalan akses data.
  • Penyimpanan: Sistem penyimpanan seperti SAN (Storage Area Network) dan NAS (Network Attached Storage) digunakan untuk menyimpan data dalam jumlah besar dengan kecepatan tinggi. Redundansi dan skalabilitas dalam penyimpanan sangat penting untuk menghadapi pertumbuhan data yang cepat.