Scroll untuk baca Berita
Data AnalysisOpini

Panduan Lengkap Data Analysis: Definisi, Jenis, dan Contoh

50
×

Panduan Lengkap Data Analysis: Definisi, Jenis, dan Contoh

Share this article

Pamulang.net, Data analysis, atau analisis data, merupakan proses penyelidikan terhadap kumpulan data untuk menggali pengetahuan yang bermanfaat. Praktik ini melibatkan penggunaan berbagai teknik statistik, matematika, dan komputasi untuk mengidentifikasi pola, tren, hubungan, dan informasi lainnya yang dapat digunakan untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Apa yang Dimaksud dengan Data Analysis?

Data analysis, secara sederhana, adalah proses penyelidikan terhadap data untuk memahami dan menginterpretasi makna di baliknya.

Ini melibatkan penggunaan alat, teknik, dan metode untuk mengorganisir, membersihkan, mengolah, dan memahami data. Dengan demikian, data analysis menjadi landasan bagi pengambilan keputusan yang didasarkan pada bukti dan informasi yang terdapat dalam data.

Apa Itu Data Analis?

Data analis, atau data analyst, adalah profesional yang bertanggung jawab untuk menerapkan teknik analisis data guna mendapatkan wawasan yang berharga dari kumpulan data.

Mereka memiliki keterampilan dalam statistik, pemrograman, dan pemahaman domain untuk mengurai data menjadi informasi yang dapat digunakan secara efektif.

3 Fungsi Data Analitik

1. Deskriptif

Fungsi ini berkaitan dengan pemahaman tentang apa yang terjadi dalam data. Ini melibatkan pembuatan ringkasan, visualisasi, dan interpretasi data untuk mengidentifikasi pola, distribusi, dan karakteristik lainnya.

2. Diagnostik

Fungsi diagnostik berfokus pada penyelidikan penyebab di balik pola atau tren yang diamati dalam data. Data analis mencoba untuk menentukan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap hasil tertentu atau kejadian tertentu.